Saturday, October 1, 2016

Prediksi Investasi Apartemen Jogja Pada Masa Datang

http://uttraratheicon.blogspot.co.id/


Sejak mulai dibangun pada tahun 2014 silam, Apartemen Uttara The Icon sudah direncanakan akan menjadi icon kemewahan dan investasi properti kota Jogja. Seiring waktu berjalan hingga tahun ini 2016, hunian mewah ini sudah hampir selesai dibangun. Seperti rencana awal, hunian ini rampung sesuai dengan target awal.

Bagaimana dengan iklim investasi properti di Jogjakarta? Mari kita dalami lebih lanjut.
Investasi properti berarti menanam uang dan kekayaan dalam bentuk bangunan atau hunian yang bisa disewakan. Tahun ini, terutama di Jogjakarta, semakin banyak pilihan hotel, apartemen, kondotel dan lainnya yang mulai beroperasi di kota gudeg ini. Sehingga muncul kesempatan luas untuk melakukan investasi dengan keuntungan besar jangka panjang.

Berkembangnya iklim investasi ini diamini oleh Pulung Prahasto, Direktur PT Adhi Persada Properti. Beliau mengatakan bahwa pangsa pasar properti Jogja sangat luas berasal dari kota di seluruh Indonesia. Selain wisata juga banyak dari mereka yang menyekolahkan anak-anaknya di perguruan tinggi Jogja.

Pertumbuhan properti jogja tercaat sangat positif karena hampir semua hunian apartemen sudah kebanjiran pembeli. Namun sayangnya soal perijinan cukup sulit karena di kota ini tidak bisa sembarangan membangun bangunan tinggi. Beruntunglah bagi Apartemen Uttara The Icon yang sudah mendapatkan perijinan dari dinas tata kota Jogja dengan lancar.

Hebatnya, investasi properti tidak akan mengalami nilai jual yang turun. Selain mendapatkan keuntungan karena bisa  dipakai sendiri, hunian yang kita beli juga nilai penyusutan tidak akan terasa karena keuntungan yang jauh lebih besar. Keuntungan terbesar ada di Investasi apartemen.
Kenapa harus memilih investasi jenis apartemen?

Yang dimaksud di sini adalah apartemen atau hotel apartemen. Kenapa investasi properti ini lebih menguntungkan dibandingkan yang lain?. Perlu diketahui dalam hal sewa menyewa apartemen perlu dua tahap yaitu developer dan pemilik apartemen. Karena yang berperan aktif memasarkan biasanya adalah Developernya. Berikut hal yang menguntungkan saat berinvestasi apartemen:

1. Untung sebagai buyer Investor
Sebelum unit didirikan (Ground breaking) setidaknya dalam waktu satu tahun, biasanya unit sudah mulai banyak yang membeli, karena biasanya harga yang ditawarkan sangat fantastis dengan diskon 30% sampai 50%. Tentu sangat menguntungkan, jika digunakan sendiri atau dijual kembali pada tahap selanjutnya. Pada saat ini, marketing belum go public sehingga hanya kalangan tertentu yang tahu.  Misalnya saja, pembangunan belum selesai dan harganya sudah naik, kita bisa menjualnya kembali dan sangat menguntungkan. Paling tidak bisa untung 20-35%. Meski tidak dijual lagi jangka panjang juga akan lebih menguntungkan.

2. Untung sebagai Investor
Sekitar 8-6 bulan sebelum pendirian bangunan biasanya developer sudah meluncurkan marketingnya ke publik.  Keuntungannya dari selisih harga jual dengan tahap jual berikutnya atau bisa pula digunakan sendiri.

3. Keuntungan dari Konsumen/End-User
Kalau tahap di atas dilakukan transaksi sebelum apartemen selesai di bangun, pada tahap end user ini ketika apartemen sudah selesai di bangun. Saat itulah dilakukan Grand opening atau pembukaan resmi harga normal. Di sini biasanya harga sudah full 100% dan dilakukan oleh para investor yang ingin hal pasti. Mereka membelinya langsung dengan harga normal karena sudah melihat kualitas di dalamnya. Lalu menjualnya kembali atau menyewakan melalui opertor apartemen dengan bagi hasil 30:70 sampai 50:50.

Seperti yang sedang ramai diburu yaitu Apartemen Uttara the Icon karena akan menjadi apartemen tertinggi, termewah dan paling nyaman dihuni. Hunian yang berada di jalan Raya Kaliurang Km, 5.5 No. 72 Yogyakarta ini sangat strategis dan ideal jika digunakan sebagai tempat berinvestasi. Trend ini terlihat jelas dengan prediksi keuntungan investasi dari tiga cara utama di atas.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.